FIQIH CINTA

Cinta, Apa itu?

    "Aku jatuh cinta!"

    Betulkah? Tanyalah pada hatimu jika engkau jatuh cinta, apakah cinta itu? Tanyalah mereka yang sedang mengaku jatuh cinta, apakah cinta itu?

    Cinta adalah misteri manusia. Tak ada pelajaran cinta di sekolahmu. Tapi cinta menjatuhkan raja dari singgasananya, membuat sakit jiwa orang yang dirundungnya. Tetapi cinta pula yang membawa orang kepada istana, meninggalkan ruh hamba tuhannya ke
surge yang tertinggi.
    Ibnu Qayyim, seorang ulama pemerhati masalah cinta, mengungkapkan makna cinta dari sisi bahasa, "Cinta dapat dirumuskan dengan memperhatikan turunan kata cinta, mahabbah, dalam bahasa Arab. Mahabbah berasal dari kata hubb. Ada 5 makna untuk akar kata hubb. Pertama, as-shafa wa al-bayadh, putih bersih. Bagian gigi yang putih bersih disebut habbah al-asnan. Kedua, al-'uluww wa azh-zhuhur, tinggi dan kelihatan. Bagian tertinggi dari air hujan yang deras disebut habab al-ma'i. puncak gelas atau cawa disebut habbab juga. Ketiga, al-luzum wa ats-tsubut, terus menerus dan konsisten. Unta yang menelungkup dan tidak bangkit-bangkit dikatakan habb al-ba'ir. Keempat, lubb, inti atau saripati sesuatu . biji disebut habbah, karna itulah benih, asal, dan inti tanaman. Jantung hati, kekasih, orang yang tercinta disebut habbat al-qalb. Kelima, al-hifzh wa al-imsak, menjaga dan menahan. Wadah untuk menyimpan dan menahan air agar tidak tumpah disebut hibb al-ma'i." 

    Kenyataan, dari segi bahasa, kata dasr cinta dalam bahasa Arab begitu bernuansa. Bagaimana makna praktis cinta? Beberapa orang memaknai cinta dengan melihat latar belakang munculnya cinta tersebut, konsekuensi, tanda-tanda, hal-hal yang mencuatkan eksistensi cinta, buah atau hasil cinta, serta hokum-hukum yang terkait dengan cinta. Walaupun demikian, ada juga definisi cinta yang bisa dimaklumi. Beberapa makna cinta itu adalah :
  • Kecendrunang seluruh hati yang terus menerus (kepada yang dicintai).
  • Kesedihan hati menerima segala keinginan orang yang dicintainya.
  • Kecendrungan sepenuh hati untuk lebih mengutamakan orang yang dicintai daripada diri dan harta sendiri, seia sekata dengannya, baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, kemudian merasa bahwa cinta itu masih kurang .
  • Pengembaraan hati karena mencari yang dicintai, sementara lisan senantiasa menyebut-nyebut namanya.
  • Menyibukan diri untuk mengenang yang dicintainya dan menghinakan diri kepadanya.
    Yang manakah yang sesuai dengan cinta-cinta yang ada dalam hatimu?
    Cinta memang merupakan olahan rasa dalam qalbu jiwa, membuat selaksa rasa, suasana, keterikatan membaur dalam nuansa rasa yang tak terkata, hanya dapat dirasa, namu sulit terungkap dengan kata-kata.

    Imam Ibnul Qayyim mengatakan, tidak ada batasan cinta yang lebih jelas daripada kata cinta itu sendiri. Makna cinatidak bisa dilukiskan hakikatnya secara jelas, kecuali dengan kata cinta itu sendiri.

Dua cinta
    Kau tak akan dapat memahami cinta, kecuali mengetahui klasifikasi cinta. Berdasarkan sumber munculnya, cinta ada dua. Pertama, cinta yang bersifat fithri jibili atau bawaan naluri, yang sudah ALLAH ciptakan secara alami pada jiwa manusia. Kedau, cinta yang bersifat sababi kasbi, yakni yang muncul karena diusahakan dan dimunculkan lewat proses yang dilakukan oleh manusia yang terlingkupi cinta tersebut. 

    Cinta fithri jibili tak menyebabkan engkau dicela. Sebab, ALLAH telah menciptakannya seperti itu sebagai fitrah pada dirimu. Contohnya adalah cinta seorang kepada makanan tertentu, anak, istri, sahabat.

Adapun cinta sebabi kasbi adalah cinta yang muncul karena adanya kehendak orang yang memiliki cinta tersebut. Akibatnya, ALLAH akan menghisab orang itu kalau gara-gara cinta itu ia berpaling dari hal-hal yang diridhai ALLAH.

    Cintah yang bersifat fithrah maupun cinta yang tumbuh karena diusahakan harus muncul dalam hidup manusia secara proposional. Jika kedua wujud cinta itu dimunculkan sesuai takarannya dan mengikuti aturan yang menciptakan cinta itu, pasti yang muncul adalah kemaslahatan bagi masing-masing pencinta, siapa pun dia, dan apa pun yang menjadi objek cinta.

sumber : Fiqih Cinta
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment