Bisa untuk gak buang sampah sembarangan ?

Untuk entri kali ini agak berbeda dengan entri-entri sblumnya. Karna ini merupakan sebuah pertanyaan dan berharap bagi yang membaca bisa menjadi kesadaran kita masing2.


Alasan membuat judul entri karna, kemaren saat di jalan aku ngeliat betapa bnyaknya sampah di jalan terutama kota2 besar dan kota2 besar sering juga terjadinya banjir. SADAR gak kalian kenapa bisa banjir ?? itu semua karna SAMPAH yang di hasilkan oleh kita. Meski Cuma 1 bungkus permen yang kita buang. 

Coba bayangkan andaikan semua orang 1 kota bepikir apalah sebungkus permen. Dan setiap orang membuang bungkus permen sembarangan maka, apabila di kumpul menjadi satu bungkus permen yg di buang orang 1 kota (1 orang 1 bungkus). Bisa menimbulkan tumpukan 1 truck bahkan lebih.

Nah, untuk menghindari itu bisakah kamu-kamu ngelakuin sesuatu yang peduli akan lingkungan-lingkungan di sekitar mu.

gak ngebuang sampah sembarangan, apabila makan permen, ngeroko dan lain-lain..
kamu buang pada tempatnya atau bak sampah..

meskipun tidak ada bak sampah..
untuk sementara sampah yg kamu pegang kamu simpan sampai ketemu bak sampah baru kamu buang.

bisakah kamu seperti itu ??

karna bagi aku sebagian besar manusia di indonesia tidak peduli akan kebersihan di lingkungn sekitarnya.
oya, apabila di suatau tempat kita berkunjung tidak ada bak sampah ..
bisa kah sampah kamu bawa dulu. andaikan sampah itu kulit kacang, bungkus permen dan rokok dll. bisa kah kamu simpan di kantong atau kantong celana kamu atau tas yang kamu bawa..

diluar negri khususnya di negara2 besar dan maju, mereka bisa menyimpan bnekas kulit kacang , rokok dan bekas permen pada kantong celana atau jas mereka..

dan kita tidak harus menuntut ke pada pemerintah..
tuntut diri kamu sendri dulu untuk peduli akan kebersihan lingkungan kamu..
contonhya seperti yg udah aku bilang banyak sampah di jalan, yg mengakbatkan saluran air tersumbat dan terjadi kebanjiran.
dan bnyak deh contoh lain..



Coba kita liat sebagian teman yang berpendapat tentang sampah :

1. Inisial R

"sebenarnya gerakan ini dapat dilakukan bersama, dari masing-masing kesadaran individu. mulailah membudayakan selalu mengkonsumsi suatu yg sedikit melahirkan sampah, klo pun terpaksa selalu ada solusi dengan prinsip 3R (Reduce, Re-Use, Recycle). Klo di keluargaku udah mulai kesadaran ini."

2. Inisial U

"kalau tempat sampahnya deket ya dibuang di tempat sampah
tapi kalau jauh ya buang aja di situ(klo lagi nggak ada orang)
hehehe"

3. Inisial D

"Wah, sudah pasti bisa dan sudah dijalankan sejak saya SD. kejadian terakhir adalah ketika saya nonton 21 dengan suami, kami bawa makanan dan minuman ringan dari supermarket. Selesai film, pembungkus makanan dan minuman pun saya masukkan kantong kresek lagi n dibawa tuk dibuang keluar ke tempat sampah tentunya. mungkin cuma saya yang melakukan itu tapi saya bangga dengan diri sendiri karena sudah menghargai lingkungan dan membuat para pekerja di 21 tidak membuangkan sampah saya."

4. Inisial B

"saya sih gak pernah buang sampah sembarang. Sebisa mungkin buang ke tong sampah. Klo gak ada tong sampah ya dkantongin ato ditaro di tas (smentara waktu)"

5. Inisial N

"sangat bisa.. Dan memang saya org yg mencintai kebersihan. Seringkali saya baru membuang sampah dirumah, kalau tak ktmu tmpat sampah di jalan. Saya benar2 berharap semua org, khususnya di indo bs seperti itu. Dampak positif yg akan kita rasakan pasti sangat besar. :))"

6. Inisial I

"tentu aja bisa.. aku kan gag pernah buang sampah sembarangan selama ini..
^^"

7. Inisial Y

"tergantung ada atau tidaknya kotak sampah/pembuangan sampah di tempat yg d kunjungi
coz pemerintah kta krng peduli dng lingkungan dan sampah
apalagi masyarakatnya?
tp saya selalu usahakan untuk membuang sampah pd tempatnya"

8. Inisial E

"bisa'.."

9. Inisial A

"Insyaallah bisa..."

10. Inisial S

"santai bro.........
jgn emosian,ntar cpt tua.....
hahaha
pstnya dunk qt hrs buang smph pd tmptnya......."



Aku berharap buat kamu kamu yang udah ngebaca ini bisa menjaga dan mebantu baik di lingkungan rumah atau luar bisa terjaga. Awali dengan memperhatikan kebersihan kamar dan rumah kamu. Dan bisa member nasihat kepada teman agar tidak membuang sampah sembarang tempat.


Penulis juga demikian sampah2 hasil cemilah or minuman pasti aku masukin ke tas sampai rumah masukan ke dalam kantong dan buang ke bak sampah.

Semoga negara kita bisa bersih dan sejuk kembali.

SALAM SEHAT INDONESIA



Sumber perolahan gambar dari : http://avianpriel.blogspot.com/
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment